Mau tinggal di apartemen? Pahami dulu metode decluttering!

Bagi yang sudah terbiasa tinggal di rumah / landed house dan memutuskan untuk tinggal di apartemen harus siap beradaptasi, terutama dalam hal decluttering alias beres-beres. Mengingat ukuran apartemen pada umumnya (studio, 2 bedroom, hingga 3 bedroom) yang tergolong lebih compact dibandingkan rumah, decluttering harus rutin dilakukan.

Berikut 3 Metode decluttering agar hunianmu tetap nyaman:

1. KonMari Method
Metode KonMari menganjurkan kita untuk merapikan barang-barang sesuai kategori. Mulai dari pakaian, buku, kertas, dan barang kecil lainnya. Sebagai contoh, ketika merapikan pakaian, keluarkan semua yang ada dalam lemari dan letakkan di atas tempat tidur. Pegang dan rasakan satu per satu pakaian tersebut, sambil bertanya pada diri sendiri “apakah pakaian ini masih membawa kebahagiaan untuk kita?”. Jika jawabannya “ya” maka simpan pakaian tersebut. Jika “tidak” langsung dipisah untuk disumbangkan. Metode ini efektif untuk menyingkirkan barang yang ternyata tidak terlalu disukai atau tidak sering dipakai.

2. 4 Box Method (Metode 4 Box)
Sediakan 4 box dengan masing-masing kategori: Simpan, Donasi, Buang, Jual. Mulai rapikan ruangan dengan memasukkan barang ke box sesuai dengan kategorinya. Metode ini lebih ringkas dan mudah dilaksanakan.

3. Minimalist Game
Dipopulerkan oleh Ryan Nicodemus & Joshua Fields Millburn dari The Minimalists, metode ini mengubah kegiatan decluttering menjadi sebuah challenge di media sosial. Di mulai di awal bulan, jumlah barang yang disingkirkan harus sama dengan tanggal pada hari itu. Misalnya, di tanggal 1 harus ada 1 barang yang disingkirkan, tanggal 2 pilih 2 barang, dan seterusnya. Tanpa disadari di akhir bulan sudah ada 496 barang yang disingkirkan! Bagi yang menyukai tantangan Anda bisa mencoba metode ini.

Jadi apakah Anda sudah siap decluttering dan tinggal di apartemen Roseville? 😊